21 March, 2017

Mengenal Sungai Mangu Magelang

Berwisata Tubing di Mangu River Tubing Magelang tentu saja tak lepas dari keberadaan dari arena atau tempat dari lokasi wisata itu sendiri. Karena tanpa adanya sungai atau kali tersebut mustahil kegiatan wisata outdor bersama Mangu River Tubing ini dapat berlangsung. Melalui tulisan ini pengelola akan memberikan sekilas gambaran mengenai Kali Mangu itu sendiri. Berikut ulasannya :

Arena Tempat Wisata Mangu River Tubing, Magelang
Wisatawan mengabadikan momen keceriaan tubing di Kali Mangu, Magelang.

Sungai Mangu. Mungkin masih terdengar asing di kalangan warga Magelang dan sekitarnya. Karena sebagian besar diantara kita sudah familiar dengan keberadaan 2 sungai besar yang membelah wilayah Magelang sendiri yakni Sungai Elo dan Sunga Progo. Kami sebagai pengelola wisata tubing ini juga sedikit kesulitan menemukan informasi terkait seberapa panjang aliran dari Kali Mangu. Namun yang jelas Kali Mangu ini merupakan salah satu sungai di Kabupaten Magelang yang aliran berhulu di Gunung Merbabu. Sedangkan muara dari Kali Mangu menyatu dengan keberadaan Sungai Elo di wilayah Pare, Magelang.

Di musim kemarau aliran kali Mangu boleh dikatakan menyusut karena dimanfaatkan warga sekitar aliran sungai sebagai sarana irigasi untuk mengairi ladang persawahan. Sedangkan sebaliknya di musim penghujan aliran air akan menjadi cukup deras. Tentu saja baik di musim kemarau dan musim penghujan aliran airnya cukup baik dan pastinya aman untuk dilalui sebagai jalur wisata air tubing.

Aliran air dari Sungai Mangu sendiri melewati beberapa wilayah seperti Kec. Sawangan dan Kec. Mungkid. Mata airnya sendiri cukup terjaga belum tercemar dengan limbah - limbah pabrik karena sumber mata air nya berasal dari aliran - aliran sungai kecil maupun mata air murni yang muncul di sepanjang tebing kali Mangu. Kali Mangu sendiri mempunyai karakter tenang hingga sedang sehingga pastinya aman untuk dilewati.

Khususnya untuk wisata tubing nya sendiri, rute yang dilaluipun cukup bervariasi. Dari yang aliran tenang cocok untuk berisitirahat dan berelaksasi. Hingga beberapa spot - spot jeram yang tentunya dapat memacu adrenalin dan menantang untuk dijajal. Rute pengarungan tubing ini sepanjang sepanjang 2 sampai dengan 3 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 30 Menit hingga 2 jam dengan kedalaman air sungai bervariasi sedalam 0.5 sampai dengan 3 meter.  

Nah itulah sekilas informasi terkait tentang kali Mangu, tempat berlangsungnya wisata air tubing ini. Bagi anda yang sudah tidak sabar untuk menikmati bagaimana serunya menjelajahi Wisata Tubing di Kali Mangu. Segera lakukan reservasi dan booking melalui kontak person kami melalui menu Kontak Kami di website mangurivertubing.com ini.

Jangan lupa untuk mengajak rekan  rekan dan keluarga Anda tercinta untuk berwisata bersama kami. Semoga bermanfaat.

Ada Yang Ingin Anda Ketahui Seputar Wisata Air Mangu River Tubing Magelang? Silahkan Tuliskan Melalui Kotak Komentar di Bawah Ini. Terima Kasih :)